20 Oktober 2009 Operator Optimistis Pelanggan RBT Tumbuh Pesat

Jakarta, Investor Daily – Telkomsel, PT Excelcomindo Pratama (EP), dan Indosat optimistis, pelanggan nada panggil (ring back tone/RBT) atau i-ring terus bertambah. Penambahannya karena RBT telah menjadi simbol status seseorang.

Demikian disampaikan General Marketing Communications Telkomsel Nirwan Lesmana, Public Relation Manager PT EP Febriati Nadira, serta Group Head Strategic Marketing Indosat Fuad Fachroeddin di Jakarta, akhir pekan lalu.

Dari hampir 80 juta pelanggan Telkomsel, kata Nirwan, sebanyak tujuh juta pelanggan yang aktif mengunduh lagu-lagu tertentu untuk menjadi RBT. Sedangkan total pelanggan value added services (VAS) mencapai 20 juta pelanggan.

Sekarang ini, sebagian besar pelanggan telah mengaktifkan i-ring sehingga penelepon akan menikmati sajian lagu tunggu. Lagu tersebut tidak mesti lagu terkenal, melainkan pilihan pelanggan yang disesuaikan dengan perasaannya.

Pergeseran perlaku tersebut membuat Telkomsel optimistis terjadinya peningkatan pengunduh lagu untuk RBT. “Sudah pasti naik jumlahnya dan bisnis ini potensial sekali,” kata Lesmana tanpa menyebutkan angka pertumbuhannya.

Sementara itu, Febriati Nadira dari XL mengatakan, pertumbuhan pelanggan RBT mencapai 100% dalam 10 bulan terakhir. Dan. Gelagatnya akan terus bertambah. “Kami targetkan pelanggan RBT pada akhir tahun 2009 ini mencapai 13 juta,” kata dia.

Sekarang ini, sebanyak 8,5 juta pelanggan merupakan pelanggan aktif RBT. Dengan waktu yang tersisa tiga bulan ini, XL memastikan tambahan sekitar lima jutaan bakal tercapai.

Proses pergantian dari satu lagu ke lagu lain sangat cepat. Hasil pemantauannya rata-rata satu bulan sekali pelanggan ganti lagu. Menurut Fuad dari Indosat, cepatnya pergantian lagu karena operator terus memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mengaktifkannya. Dulu, pelanggan harus meregistrasi dengan beberapa tahapan prosedur. Sekarang semuanya sudah berubah karena pelanggan cukup menekan tanda bintang (*), nada sambung lagu tertentu pun sudah tersambung.

Indosat membukukan 2,5 juta pelanggan yang aktif memasang lagu favorit untuk RBT. Pelanggannya terdiri atas pelanggan baru, pelanggan dualcard atau pelanggan memakai dua kartu, serta pelanggan pindahan.

Tapi, operator dengan ciri khas warna kuning ini tidak bisa menyebutkan kontribusi RBT terhadap pendapatan perusahaan. Soalnya, pendapatan (revenue) berasal dari suara, SMS, dan VAS yang di dalamnya terdapat unsur RBT. (cep)

0 komentar: