03 Oktober 2009 XL Tidak Tertarik Garap IPTV

Jakarta, Koran Jakarta (01/10/2009) – PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) menegaskan tidak tertarik untuk bermain di jasa Internet Protocol TV (IPTV). Padahal, pemerintah sudah mengeluarkan regulasi terkait layanan tersebut pada 19 Agustus lalu.

IPTV adalah teknologi yang menyediakan layanan konvergen dalam bentuk siaran radio dan relevisi, video, audio, teks, grafik, dan data yang disalurkan ke pelanggan melalui jaringan protokol Internet yang dijamin kualitas layanannya, keamanannya, keandalannya. Dengan begitu, IPTV mampu memberikan layanan komunikasi dengan pelanggan secara dua arah atau interaktif dan real time dengan menggunakan televisi standar.

“Kami tidak tertarik untuk bermain di IPTV. Perseroan masih fokus di jasa suara dan SMS,” tegas President Direktur XL Hasnul Suhaimi, Rabu (30/9).

Dia menambahkan perseroan saat ini justru sedang menunggu nasib dari proposal lisensi Sambungan Langsung Internasional (SLI) yang sudah dimasukkan ke regulator. “Jika SLI, XL memang butuh. Nantinya itu akan digunakan bagi pelanggan XL yang berjumlah 24 juta nomor,” kata dia.

Sementara itu, masuknya nama XL sebagai selah satu pihak yang memasukkan pendapat dalam regulasi IPTV, menurut Hasnul, hal itu sebatas karena perseroan memiliki pengetahuan tentang jasa tersebut. “Tidak lebih dari itu. Bahkan terpikir membentuk konsorsium pun tidak,” tukas dia. ■ dni

0 komentar: