03 November 2009 Excelcomindo Pertahankan Pelanggan Korporasi

Jakarta, Koran Jakarta – PT Excelcomindo Pratama (XL) mengungkapkan segmen korporasi selama ini berkontribusi sebesar 10 persen bagi pendapatan perseroan. Selain itu, XL menargetkan meraih satu juga pelanggan khusus dari program bundling.

“Saat ini ada 2.800 perusahaan yang menggunakan jasa XL. Sektor yang banyak menggunakan jasa XL adalah perbankan, keuangan, dan manufaktur,” ungkap Direktur Commerce XL Joy Wahjudi di Jakarta, Senin (2/11).

Dijelaskannya, dalam menjual layanan produk ke segmen korporasi, XL mengandalkan strategi tailor made alias memenuhi kebutuhan pelanggan sesuai permintaan.

“Banyak juga yang minta secara bulk order. Segmen ini sangat unik karena itu harus di-maintain secara khusus. Kami bahkan perlu membuat hari khusus pelanggan korporasi atau business solution day untuk memberikan apresiasi,” kata dia.

VP Direct Sales XL Djunaedy Hermawanto mengungkapkan XL menargetkan meraih satu juta pelanggan khusus untuk ponsel bundling dengan kartu perdana XL. XL sendiri saat ini telah memiliki total 26,6 juta pelanggan.

“Sekarang ini sudah ada 600 ribu pengguna berhasil digaet. Kami optimistis bisa mencapai satu juta pelanggan karena vendor ponsel yang digandenga berkualitas,” tutur dia.

Dijelaskannya, membesarkan pelanggan bundling menjanjikan karena dari sisi average revenue per users (ARPU) memiliki nilai sekitar tiga kali lipat dari pelanggan biasa.

“Pelanggan bundling ini suka akses data. Jadi, ARPU-nya lumayan besar,” ujar Djunaedy tanpa mengungkapkan nilainya.

Kerja sama terbaru yang dilakukan XL untuk menambah ponsel bundling adalah dengan produsen ponsel MicXon yang menawarkan ponsel MicXon S903. ■ dni/E-2

0 komentar: